Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Minggu, 09 Agustus 2015

8 Cara dan Tips Ampuh Menulis Cerita Menegangkan

Apa yang membuat pembaca jatuh cinta pada sebuah cerita misteri? Ketegangan, Bung! Ya, ketegangan. Penulis yang baik bisa mencampur kekhawatiran, tekanan, ketakutan, dan teka-teki dalam pikiran pembacanya. (klik di sini untuk tahu cara membuat cerita misteri!)?

Inilah 8 cara untuk meningkatkan ketegangan pembaca:

1. Nyalakan keingintahuan pembaca sejak halaman pertama cerita.

Caranya? Buat pertanyaan yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut. How? Make a problem that really needs a solution. Buat masalah yang membutuhkan solusi, dan beri tanda bahwa masalah besar akan datang.

Misalnya, di halaman pertama, tunjukkan bahwa tokoh utama sangat takut dengan kegelapan. Masalahnya, ia terlalu berlebihan dalam menunjukkan ketakutannya. Buat pembaca bertanya-tanya, "mengapa? Bagaimana bisa?"

2. Untuk menumbuhkan kecemasan pada pembaca, ciptakan tokoh yang menarik simpati dan disukai pembaca. Mengapa? Karena pembaca ingin hal-hal baik terjadi pada karakter yang mereka sukai. Tentu kamu ingin pembacamu tetus-menerus jengkel pada kejadian buruk yang menimpa tokoh itu, jadi letakkan tokoh itu dalam bahaya kecil maupun besar berulang-ulang sepanjang cerita.

3. Jelaskan apa yang diinginkan tokoh protaganismu. Hal yang ia inginkan bisa saja kecil, tetapi dia harus sangat-sangat menginginkannya! Tunjukkan bagaimana dia berusaha mencapai keinginannya, lalu masukkan seseorang atau sesuatu yang meringangi jalannya.

4. Bangun ketegangan yang lebih dengan menunjukkan isi hati tokoh-tokohmu, dan bagaimana isi hati itu menciptakan reaksi pada hambatan yang mereka terima.

5. Buat beberapa konflik kecil yang meningkatkan masalah protagonis.

6. Beri tokoh protagonismu beberapa kesuksesan, namun segera buat dia menghadapi rintangan yang lebih besar. Halangan-halangan itu harus meninggi hingga final, klimaks yang mendebarkan. Sepanjang cerita, pembacamu harus khawatir memikirkan apakah tokohmu akan sukses atau tidak.

7. Selalu ingat bahwa aksi dan reaksi adalah penyusun plot cerita misteri.

8. Kemukakan sesuatu--yang akan menghantui pembaca dan membuat pembaca bertanya-tanya--baik secara langsung maupun tidak langsung. Tenang, sesuatu itu tidak harus hal yang besar. Asalkan itu pertanyaan yang membuat penasaran, meskipun rasanya sederhana, pembaca akan tetap membalik halaman bukumu.

[Bonus: 2 tips lagi!]

- Dua pertanyaan besar di novel misteri adalah "siapa yang melakukannya?" dan "apa yang akan terjadi?".

- Jangan ungkap misterimu terlalu cepat. Tingkatkan keingintahuan pembaca. Jangan lupa, semakin banyak halaman ceritamu, maka endingnya harus semakin memuaskan. Jawaban yang cepat diungkap=kejutan kecil. Sedangkan jawaban yang membutuhkan banyak bab untuk terungkap haris memiliki kejutan besar! (Ifgin tahu cara membuat ending cerita yang keren? Klik di sini!

Semoga membantu, dan selamat bertegang ria!

Diterjemahkan dari web ini dengan perubahan.

0 shout{s}:

Posting Komentar

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).